Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Blokir STNK!!!

Kangandi - Kabar gembira bagi para bikers yang yang memiliki nama STNK lebih dari satu alias kena biaya pajak progresif, apalagi warga jakarta kini pajak progresif dihitung berdasarkan kartu keluarga. Kini bayar pajak kendaraan bisa dari rumah. Buruan diurus gak perlu repot-repot ke Samsat, pas banget buat bikers yang pajaknya udah jatuh tempo atau mendekati, bagi bikers yang mau jual motornya, blokir saja STNK-nya biar bebas pajak progresif.

Lebih enaknya lagi, urus blokir STNK bisa sambil santai di rumah, sekalian deh bayar pajak kendaraan yang gak terlalu mahal gara-gara pajak progresif, Di masa pandemi ini masyarakat memang dihimbau untuk memanfaatkan pelayanan secara online, mulai pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan atau pun melakukan pemblokiran STNK.

Hal ini untuk mencegah adanya kerumunan massa yang rentan terhadap penyebaran virus Corona. Seperti yang disampaikan Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, Herlina Ayu. "Bagi yang ingin melakukan pemblokiran STNK bisa dilakukan secara online yakni dengan membuka link resmi klik di https://pajakonline.jakarta.go.id," ungkapnya kesalah satu media online.

Selanjutnya, Herlina menambahkan, pemilik kendaraan lama bisa melakukan registrasi sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) "Setelah melakukan registrasi nantinya data kendaraan yang sesuai dengan NIK akan muncul," katanya. "Untuk pemblokiran, langkah yang perlu dilakukan yaitu pemilik kendaraan bisa memilih menu PKB," ucapnya. Kemudian, bisa memilih jenis pelayanan blokir kendaraan, lalu memilih nomor kendaraan yang akan diblokir.

Untuk persyaratan yang diperlukan saat melakukan pemblokiran STNK adalah sebagai berikut: sebelum akses linknya anda siapkan terlebih dulu Kartu Tanda Penduduk ( KTP), Kartu Keluarga ( KK), Bukti jual beli atau kwitansi, Fotokopi STNK atau BPKB yang mau diblokir, semua persyaratan dibuat dalam bentuk softcopy atau atau anda foto dismartphone sehingga bisa diunggah secara daring alias online. "Setelah itu, pemilik kendaraan mengunggah persyaratannya seperti dokumen foto kopi KTP, Kartu Keluarga (KK), bukti bayar, fotokopi STNK atau BPKB jika ada. Setelah itu klik kirim," tuturnya.

Untuk proses pemblokiran STNK secara daring ini juga tidak membutuhkan waktu lama jika seluruh persyaratan sudah lengkap. Seperti diketahui, sejak beberapa tahun lalu Pemprov DKI Jakarta sudah memberlakukan pajak progresif kendaraan bermotor. Pajak bertingkat ini diterapkan bagi para pemilik kendaraan yang mempunyai lebih dari satu jenis kendaraan yang sama dengan nama dan alamat pemilik yang sama atau berdasarkan kartu keluarga khusus wilayah DKI Jakarta.

Kebijakan ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pajak Kendaraan Bermotor, berikut besaran pajak progresif pribadi yang dikenakan untuk kepemilikan kedua sampai seterusnya.

KANG ANDI
KANG ANDI Hatur nuhun....sudah bersedia mampir ke warung yang sangat sederhana ini...!!! Salam santun ka palawargi sadayana...!!!

Post a Comment for "Cara Mudah Blokir STNK!!!"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi