Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gilaaa...DP Motor Akan Kembali 0 Persen !!!

Kangandi - Ambyarrr ini mah…ntah apa yang bisa kita katakan dengan berbagai part kebijakan untuk mendongkrak penjualan otomotif ditanah air. Laah emang ngapa….setelah sebelumnya fix diluluskan perkara bantuan fiskal lewat relaksasi PPnBM, kini muncul wacana untuk kembali memberikan kelonggaran untuk uang muka motor atau mobil atau DP menjadi paling sedikit nol persen. Gilaaaaa….kok menurut saya malah jadi serem yaaa...

Beratnya pandemi covid 19 memang memukul semua sektor termasuk otomotif. Baik roda dua atau roda empat penjualan seret dan sulit kang bro. Hal inilah yang memaksa pemerintah putar otak guna membantu strategi khusus untuk mendorong pertumbuhan sektor ekonomi dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian. Itulah kenapa akhirnya pemberian insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) diluluskan. Relaksasi pajak ini diberikan pada penumpang 4 x 2 termasuk mobil sedan serta kapasitas mesin di bawah 1500cc yang memiliki kandungan lokal 70%. Jadi barang import mah ka ga termasuk yaaa…

Informasinya pemberian insentif PPnBM akan dilakukan secara bertahap selama 9 bulan dengan masing-masing tahapan berlangsung 3 bulan yang nantinya akan dievaluasi per 3 bulan tersebut. Dan besarnya insentif juga bervariasi. Pada tiga bulan pertama insentif yang diberikan sebesar 100%….. kemudian pada tahap kedua atau tepatnya pada bulan ke-4 hingga 6 sebesar 50 persen…. Barulah pada tahap terakhir sebesar 25% dari tarif. Jadi harga mobil pastinya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan kondisi normal. Nah gimana soal PPnBM, ditambah kini muncul rencana lain yakni melonggarkan ketentuan uang muka kredit/pembiayaan kendaraan bermotor menjadi hingga 0 persen. Wadedaw…nolllll kang bro…

“ Melonggarkan ketentuan uang muka kredit/pembiayaan kendaraan bermotor menjadi paling sedikit 0 persen untuk semua jenis kendaraan bermotor baru,” seru Gubernur BI Perry Warjiyo via Kompas, dalam konferensi virtual mengatakan. “BI mempertimbangkan perlu adanya dorongan pemulihan khususnya di sektor otomotif, yang memiliki backward dan forward linkage yang tinggi terhadap perekonomian. Kebijakan tersebut ditempuh sebagai bauran kebijakan dengan stimulus fiskal yang diberikan pemerintah, yakni pemberian insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM),” tutupnya….

Namun perlu digaris bawahi, ternyata tidak semua bank atau pembiayaan yang mendapatkan kebijakan jalankan kredit dengan DP 0 persen, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi salah satunya adalah Bank/pembiayaan atau lising yang secara neto dan bruto dengan rasio kredit macet dibawah 5%, ingat yaa rasio pembiayaan kendaraan bermotot (KKB) bermasalah itu harus dibawah 5%, artinya DP 0 persen hanya diperbolehkan bagi industri atau lising yang sehat dari segi resiko kredit macet.

Lantas….wacana ini bak pisau bermata dua, disisi lain akan menjadi stimulus penjualan namun resikonya tarikan motor macet leasing juga akan terbuka lebar. Laah kok bisa, DP nol persen alias modal KTP doang anda udah bisa bawa pulang motor, laaaah ya serem. Jangan kan DP 0, yang pake DP saja masih banyak yang macet...Saran saya sih tetap, jangan paksa diri untuk kredit karena akan membuat anda puyeng sendiri. Jika memang tidak butuh-butuh banget atau masih bisa diundur mendingan nyelengin dulu saja buat beli cash. Btw…wacana pemberlakukan DP minimum hingga nol persen ini akan mulai berlaku Maret bulan depan. Hayooo teman-temannn…jangan tergoda hayoooo...

KANG ANDI
KANG ANDI Hatur nuhun....sudah bersedia mampir ke warung yang sangat sederhana ini...!!! Salam santun ka palawargi sadayana...!!!

Post a Comment for "Gilaaa...DP Motor Akan Kembali 0 Persen !!!"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi